id Indonesian
ar Arabiczh-CN Chinese (Simplified)nl Dutchen Englishfr Frenchde Germanid Indonesianit Italianja Japaneseru Russianes Spanish
Profil BKG – Badan Kemitraan Global

Profil BKG

/

Universitas memegang peranan penting dalam melakukan perubahan melalui transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di era industri digitalisasi 4.0 sekarang ini. Universitas Halu Oleo sebagai salah satu universitas di Pulau Sulawesi mengemban tanggung jawab tersebut dalam memajukan IPTEKS dan sumberdaya manusia. 

Saat ini Universitas Haluoleo telah memiliki 17 Fakultas, satu (1) Program Pendidikan Vokasi dan satu (1) Program Pascasarjana. Universitas Haluoleo sejak tahun 2007 telah menjadi Universitas yang maju dan moderen, setelah adanya persetujuan Bantuan Soft-Loan Pemerintah Indonesia dengan Islamic Development Bank, Jeddah yang realisasinya dimulai tahun 2005. Bantuan tersebut digunakan untuk membangun 6 (enam) gedung baru bertaraf internasional dan merehabilitasi 11 (sebelas) gedung yang ada di Kampus Bumi Tridharma Anduonohu. Sesuai dengan visinya Universitas Haluoleo pada tahun 2019 menjadi perguruan tinggi yang maju di Indonesia, bermartabat, berbudaya akademik, menghasilkan SDM cerdas comprehensive dalam pembangunan kelautan dan perdesaan.

Maju dimaksudkan mencapai nilai atau standar tententu yang diakui dalam pelaksanaan tridharma yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Standar disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Universitas Haluoleo yang maju dapat juga dilihat/diukur dari kualitas karya ilmiah yang dihasilkan termasuk kiprah civitas akademika dalam berbagai kegiatan ilmiah dan kemasyarakatan pada tingkat regional, nasional dan internasional.

Bermartabat adalah tingkat harkat kemanuasiaan atau harga diri. Universitas yang bermartabat adalah universitas yang menjadikan sivitas akademikanya mempunyai harga diri yang tinggi berpedoman kepada keyakinan dasar nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur.

Berbudaya akademik,berarti dalam semua kegiatannya, sivitas akademika akan senantiasa berinovasi untuk menemukan cara yang efektif dan efisien, memiliki kompentensi dan kapabilitas, berwawasan, memahami cara mengimplementasi IPTEKS dengan baik, serta menjunjung tinggi profesionalisme.

Cerdas comprehensive adalah kemampuan secara menyeluruh meliputi kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan kinestetis.

Terimakasih. 

Kepala BKG Universitas Halu Oleo

Prof. Dr. Ir. H I Gusti R. Sadimantara, M.Agr